Analisi Campur Kode dalam Lagu Karya YUI

Campur kode adalah salah satu cabang dalam sosiolinguistik. Dalam campur kode dipelajari berbagai hal tentang penggunaan kode atau bahasa selain bahasa ibu dalam berkomunikasi. Campur kode sering di temui dalam percakapan sehari-hari. Namun, tidak jarang juga ditemui dalam karya sastra.

Pada dasarnya karya sastra dibuat sebagai hasil ekspresi si pembuatnya. Penggunaan bahasa dalam karya sastra biasanya dipengaruhi oleh latar belakang si pembuat. Pada seluruh lagu karya YUI, terdapat konsistensi yang unik. Konsistensi tersebut adalah penggunaan bahasa Inggris yang menunjukkan judul lagu bahkan albumnya.

YUI sebagai penyanyi papan atas di Jepang menunjukkan minat yang tinggi terhadap bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Hal ini terlihat pada pemilihan bahasa Inggris di seluruh album dan judul lagunya. YUI sebagai penyanyi asli Jepang tidak mempunyai latar belakang yang cukup mampu mempengaruhi penggunaan bahasa asing tersebut.

Masyarakat Jepang pada umumnya menjunjung tinggi tradisinya. Sehingga, ketika mendapati bahwa penyanyi asli seperti YUI menggunakan bahasa asing untuk seluruh lagunya, menimbulkan pertanyaan yang lebih lanjut. Namun, karena keterbatasan jaringan untuk mempertemukan langsung dengan sumber asli, saya selaku penulis ingin melakukan penelitian terhadap penggemar YUI mengenai motivasi YUI menggunakan bahasa Inggris dalam setiap lagunya serta dampaknya bagi penggemar ketika YUI menggunakan bahasa asing selain bahasa ibunya dalam penulisan lagu.

This entry was posted in Seminar Pra Skripsi. Bookmark the permalink.

2 Responses to Analisi Campur Kode dalam Lagu Karya YUI

  1. soehusaeni says:

    bagus nih tulisannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s