Buku: Akuntansi Lingkungan

Judul Buku                   : Akuntansi Lingkungan & Pengungkapannya

Pengarang                    : Arfan Ikhsan

Penerbit                        : Graha Ilmu

Tahun Terbit                 : November 2007

Tebal Halaman : 186 Halaman

 

LINGKUNGAN DALAM PERSPEKTIF AKUNTANSI

            Arfan Ikhsan adalah akademisi yang sekarang merupakan dosen tetap dan peneliti pada fakultas ekonomi jurusan akuntansi universitas negeri medan. Beliau termasuk aktif dalam mengikuti symposium nasional akuntansi (SNA) yang rutin diselenggarakan. Buku Akuntansi Lingkungan & penerapannya merupakan buku keempat yang ditulisnya.

Dalam buku ini, digambarkan tentang isu yang cukup hangat diperbincangkan oleh masyarakat seluruh dunia tentang perubahan iklim yang sangat ekstrim. Perubahan iklim tersebut sebagian besar terjadi karena ketidakseimbangan ekosistem yang ada dimuka bumi ini. Pengrusakan alam disana sini menjadi salah satu pemicunya. Sesuai dengan disiplin ilmu dari penulis, muncul keinginan tersendiri untuk mengkaji masalah di atas dari sudut pandang disiplin ilmunya yaitu akuntansi.

Isu akuntansi yang dikaitkan dengan lingkungan sebenarnya bukan menjadi hal baru. Namun, kita sebagai orang Indonesia mungkin masih susah untuk mendapatkan informasi yang seperti itu. Akuntansi lingkungan dikembangkan dengan maksud dan tujuan seperti dibawah ini:

  • Akuntansi lingkungan merupakan sebuah alat manajemen lingkungan
  • Akuntansi lingkungan sebagai alat komunikasi dengan masyarakat

Indonesia yang memiliki  kawasan yang sangat luas sebenarnya memiliki banyak kasus-kasus yang berhubungan dengan lingkungan. Ada beberapa contoh yang diberikan dalam buku ini seperti, pencemaran limbah oleh PT. Indorayon serta kasus Lapindo yang bahkan samapi sekarang pun tak pernah tuntas diselesaikan.

 

Beberapa hal yang dipaparkan dalam buku ini yang berkaitan dengan akuntansi lingkungan adalah:

  • Pengenalan akuntansi lingkungan
  • Sifat dasar akuntansi lingkungan
  • Unsure-unsur akuntansi lingkungan
  • Elemen dasar akuntansi lingkungan
  • Akuntansi dalam konservasi lingkungan
  • Akuntansi manajemen lingkungan
  • Pengungkapan akunansi lingkungan

 

Buku ini memberikan kepada pembaca pengetahuan baru dalam akuntansi. Buku ini pun sering dijadikan referensi bacaan bagi mahasiswa yang mengambil konsentrasi terhadap akuntansi lingkungan. Hal tersebut mungkin dikarenakan dengan mudahnya didapatkan buku ini dengan harga yang terjangkau.

Namun, dibalik informasi yang disampaikan dalam buku ini, masih terdapat banyak kekurangan dalam penyajiannya. Masih terdapat kalimat-kalimat yang sulit dimengerti. Selain itu, metode pengungkapan yang ditawarkan dalam buku tersebut belum dapat dijadikan acuan karena penggunaannya belum pasti digunakan. Tidak ada contoh real dari perusahaan yang telah menggunakan metode pengungkapan tersebut.

Terlepas dari kekurangan tersebut, buku ini menjadi salah satu buku referensi popular saat ini dikalangan mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi universitas hasanuddin yang berkonsentrasi pada akuntansi social khusunya lingkungan.

This entry was posted in Resensi Buku. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s