MYOB

Sekilas Tentang MYOB

MYOB (Mind Your Own  Business) Accounting merupakan software olah data akuntansi secara terpadu (integrated software), yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan. MYOB Accounting dapat diterapkan pada berbagai jenis perusahaan, baik bidang jasa, dagang (retail) maupun industri (pengolahan).
Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17. MYOB Accounting memiliki berbagai kelebihan di antaranya:

  • Bisa diterapkan untuk jenis usaha yang ada di Indonesia, baik untuk skala kecil, menengah, dan besar
  • Mampu menyajikan laporan keuangan yang lengkap, akurat, dan cepat serta memenuhi Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Indonesia
  • Mampu mentransfer data maupun laporan keuangan ke program Excel, sehingga kalau ada form laporan keuangan yang tidak sesuai keinginan user, dapat diedit dengan Excel.
  • Fleksibel, artinya kode akun dan nama akun dapat disesuaikan dengan kondisi perusahaan, Prinsip Akuntansi Indonesia, dan Standar Akuntansi Keuangan.

 

MYOB memberikan kemudahan dalam proses administrasi usaha dengan mengintegrasikan fungsi-fungsi Buku Besar, Keuangan, Pembelian, Penjualan, Persediaan dan Pengelolaan Relasi, dimulai dari proses input dokumen dasar sampai pada proses pelaporan.

Dengan terintegrasinya fungsi-fungsi Buku Besar, Pembelian, Penjualan, Keuangan dan persediaan memberikan efisiensi kerja dengan menghilangkan pengulangan pencatatan transaksi, melalui fungsi-fungsi yang berbeda, dan memungkinkan ekplorasi data yang maksimal.

 

Langkah-langkah pemprosesan data pada MYOB

Secara umum terdapat tiga proses inti dalam menjalankan myob setelah setting awal telah dilakukan. setting awal dalam hal ini adalah dengan mengisi data perusahaan, termasuk nama Perusahaan, alamat, No. Telepon, Fax dam Email jenis perusahaan (jasa, dagang, manufaktur) dan periode operasi perusahaan. Setelah mengisi data-data tersebut maka Kemudian pada pilihan terakhir , pilih Command Center. Setelah anda klik Command Center maka akan muncul tampilan awal file myob dan siap untuk digunakan

  1. Input Nama Perkiraan

Sebelum memulai langkah berikutnya di MYOB ini, pertama sekali kita harus tahu jenis usaha yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Karena hal ini tentu akan disesuaikan dengan kebutuhan di program tersebut. Perusahaan jasa dan dagang tentu berbeda kebutuhan perkiraan yang dibutuhkan, begitu juga untuk jenis perusahaan manufaktur.

Karena itu, sebaiknya tentukan dulu jenis perusahaan  dan susun jenis perkiraan yang dibutuhkan. Secara garis besar jenis perkiraan dikelompokkan menjadi  tujuh yaitu:

 

  1. Asset
  2. 2.    Liability
  3. Equity
  4. Income
  5. Cosf of Sales Expense
  6. Other Income
  7. Other Expense

 

Khusus untuk perusahaan dagang selain mengisi data data tersebut diatas juga diperlukan beberapa informasi tambahan lain seperti pada kolom persediaan dengan mengisi jumlah dan harga (cost) dari ketersediaan  item-item persediaan seperti bahan baku. Bahan pembantu, bahan setengah jadi dan barang jadi. Selain itu diharuskan juga untuk mengisi/melengkapi data-data seperti bank register, purchases register, sales register, dan card list. Card list dalam hal ini adalah daftar nama-nama dari pemasok, pelanggan maupun karyawan perusahaan.

2.      Langkah Jurnal & Edit

Pada tampilan awal program Myob pilih Record Journal Entry
General Journal merupakan nomor urut transaksi dan akan muncul secara oromatis. Date, untuk mengisi tanggal Transaksi jurnal. Memo, adalah keterangan dari dari jurnal transaksi, berkaitan dengan transaksi yang bersangkutan. Kemudian klik dibawah ACCt# , lalu klik panah kebawah disebelah kanannya, dan pilih jenis perkiraan yang digunakan, misalnya KAS. Maka akan keluar secara otomatis pada kolom Name, kemudian isi nilai pada bagian Debet.Langkah selanjutnya  sama sperti perintah diatas, dan berikan jumlah nilai pada bagian kredit. Setelah Balance antara Debet dan Kredit Klik Record untuk merekamnya.

Untuk menampilkan Jurnal yang telah dibuat  klik tulisan Journal disebelah kiri bawah dari tampilan tersebut. Lalu tukar tanggal awal dan tanggal akhir dari jurnal yang ingin ditampilkan. Atau dengan menekan  Spasi, dan tekan Enter.

Untuk perusahaan dagang dan menufaktur langkah yg sama dilakukan terhadap transaksi penjualan, dan pembelian maupun untuk transaksi menyangkut persediaan.

  1. Laporan / Report

Begitu mudahnya dalam menggunakan Komputer akuntansi, sehingga kita tidak perlu mengikuti urutan siklus akuntansi pada teori, karena semuanya sudah diprogram secara singkat.Kuncinya adalah cukup kita melakukan jurnal lalu laporannya sudah dapat kita lihat.

Pada tampilan awal pastikan yang aktif adalah Accounts, lalu klik Report pada bagian kanan bawah. Kemudian pastikan yang aktif pada bagian Accounts untuk perusahaan dagang yang kita perlukan bukan hanya Account, tapi juga ada Purchase, Sales, Inventory dan lain-lain).

Kita akan diperlihatkan banyak tulisan. Semuanya itu adalah laporan. Namun yang paling pokok sebagaimana halnya diteori adalah hanya ada beberapa laporan yaitu : Laporan Labar rugi, Laporan Perubahan Modal, laporan arus kas  dan Neraca.

Penerapan myob untuk perusahaan  manufaktur

Penyelesaian siklus perusahaan Industri ini menekankan pada pendekatan beberapa metode pencatatan dan perhitungan harga pokok atas barang (bahan baku, bahan pembantu, barang dalam proses dan Barang Jadi).

}  Bahan Baku, dan bahan pembantu menganut pencatatan perpetual dan perhitungan persediannnya adalah aktual

}  Barang Dalam Proses, menganut pencatatan periodikal dan perhitungan persediannya adalah estimasi (taksiran)

}  Barang Jadi, menganut penatatan perpetual dan perhitungan persediaanya adalah aktual standard costing

Laporan keuangan yang dihasilkan adalah Periodikal seperti yang telah diajarkan di beberapa materi buku tentang perusahaan Industri, dimana ada laporan harga pokok pembuatan dan laporan laba rugi. Masih bisa mengetahui nilai Biaya Bahan Baku, Biaya Upah Langsung, Biaya Overhead Pabrik, Barang Dalam Proses Awal dan Akhir, serta Barang Jadi Awal dan Akhir.

Walaupun laporan keuangan disajikan dalam metode periodikal, akan tetapi kita masih bisa mengontrol persediaan (bahan baku, bahan pembantu dan barang jadi) secara perpetual. Kita masih bisa mengetahui dan memonitor keluar masuknya barang tersebut.

 

This entry was posted in Teknologi Informasi. Bookmark the permalink.

2 Responses to MYOB

  1. Narto says:

    Wih keren banget nih MYOB.

  2. HOSTING Bina Antarbudaya Chap. MKS says:

    terima kasih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s