Berusaha Memahami dan Mencoba Menyelesaikan Masalah Pendidikan di Masyarakat

Disamping keberadaan budaya oral, permasalahn (kaum) mayoritas dan minoritas, agama, gender, media massa, dan pedesaan, menurut pendapat saya, kondisi politik di suatu negara harus juga disadari sebagai landasan untuk berusaha memahami dan mencoba menyelesaikan permasalahan pendidikan di masyarakat. Menurut hemat saya, kondisi politik di suatu negara itu terdiri atas, bagaimana kondisi politik di dalam negerinya, bagaimana hubungan suatu negara secara internasional, serta paham yang dianut di negara tersebut.

Menurut saya, kondisi politik di dalam negeri tidak hanya mencerminkan kondisi masyarakat di negeri tersebut, tetapi juga bagaimana kondisi pendidikannya. Bahkan dapat dikatakan perilaku politik di suatu negara memberikan karakteristik pendidikan di negara tersebut. Hubungan pendidikan dan politik sebenarnya sangat erat. Jika ini termanfaatkan dengan baik, maka permasalahan pendidikan mungkin saja dapat teratasi. Misalnya pemerintah sebagai pemegang peranan penting dalam politik dapat memberikan subsidi kepada pendidikan. Dengan adanya subsidi tersebut, pendidikan dapat berkembang sebagaimana mestinya. Hal ini salah satunya mampu memberikan dampak postif bagi pendidikan sehingga masalah pendidikan yang ada di masyarakat dapat teratasi. Namun, hal ini harus dibarengi dengan pendidikan tersebut harus dijadikan satu hal yang netral agar terhindar dari penyalahgunaan lembaga pendidikan sebagai penyalur kepentingan politik tertentu.

Selain itu, hubungan suatu negara secara internasional juga mampu membuat kita mengerti tentang kondisi pendidikan dan permasalahan yang dihadapi di suatu negara. Pada hakikatnya, suatu bangsa atau negara tidak akan bisa berdiri sendiri atau berkembang lebih maju apabila negara tersebut tidak mempunyai hubungan dengan negara lain. Hubungan kerjasama antar negara (internasional) di dunia diperlukan guna memenuhi kebutuhan hidup dan eksistensi keberadaan suatu negara dalam tata pergaulan internasional, di samping demi terciptanya perdamaian dan kesejahteraan hidup yang merupakan dambaan setiap manusia dan negara di dunia. Setiap negara sudah barang tentu memiliki kelebihan, kekurangan dan kepentingan yang berbeda-beda. Hal inilah yang mendorong dilakukannya hubungan dan kerjasama internasional.

Akhirnya, paham yang berkembang di suatu negara menurut saya dapat dijadikan landasan untuk memahami kodisi pendidikan di suatu negara dan masalah yang dihadapi. Menurut saya, pendidikan di suatu negara mencerminkan paham yang dianut oleh negara tersebut. Sehingga, apabila kita memahami paham yang dianut oleh suatu negara, maka kita dapat memahami pendidikan di negara tersebut serta mampu membrikan saran untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan yang timbul di negara tersebut sesuai dengan paham yang berkembang.

#HanyaBeropini

This entry was posted in Belajar Pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s